Selasa, 23 Mei 2017

5 Misteri Dibalik Terkenal nya lukisan Mona Lisa

Siapa yang tak tahu lukisan Mona Lisa? Mahakarya dari pelukis paling berpengaruh di dunia, Leonadro Da Vinci ini sangat terkenal dan sering kali muncul di mana-mana. Lukisan ini dianggap kontroversial karena harganya yang konon katanya mencapai angka 750 Juta US Dollar atau setara 9.7 triliun rupiah.

Selain harganya yang fantastis, lukisan Mona Lisa memang menyimpan banyak misteri dan fakta-fakta unik yang wajib kalian ketahui. Langsung saja simak daftarnya!

1. Siapa Mona Lisa itu?


Sebelum kita membahas jauh, ada baiknya kita kenali dulu sosok yang ada di gambar lukisan tersebut. Secara historis, Mona Lisa bernama lengkap Lisa Gherardini, seorang wanita berusia 24 tahun dan ibu dari 2 anak laki-laki.

Namun hal itu sendiri hingga kini masih jadi bahan perdebatan para sejarawan karena sosok Lisa del Giocondo tak pernah terlihat selain di lukisan Mona Lisa tersebut. Pendapat lain menyebutkan jika sosok tersebut adalah Leonardo Da Vinci (sang pelukis) ketika masih muda, bahkan ada juga yang berspekulasi jika sosok itu adalah ibu dari Leonardo. Hmmm, yang mana kira-kira yang benar ya?
2. Mona Lisa itu Hemaphrodite?


Jika dilihat secara sekilas, sosok dalam lukisan Mona Lisa memang menunjukkan gambar wanita. Namun beberapa sejarawan punya pendapat berbeda mengenai jenis kelamin sosok tersebut. Pendapat mereka pun didukung sebuah fakta kuat yang jawabannya bakal bikin kamu memutar otak.

Yup, menurut para sejarawan, Mona Lisa adalah sosok kombinasi antara pria dan wanita. Hal itu berdasar dari kata-kata Latin, Amon dan Elisa yang digabungkan untuk membentuk nama Mona Lisa. Jika kamu lihat lagi secara detail, sosok di gambar itu memang bisa diperdebatkan. Kalau menurut kalian cewek apa cowok nih?

3. Senyum Misterius Mona Lisa


Satu hal yang langsung mencuri perhatian ketika melihat lukisan Mona Lisa adalah sebuah senyuman yang melengkung di bibir dari sosok gambar tersebut. Meski tersenyum, mata dari sosok itu terlihat sedih, hal itu membuat banyak peneliti melakukan riset lebih jauh dan menemukan sebuah fakta menarik.

Beberapa ilmuwan menyebutkan jika senyuman Mona Lisa ternyata hanyalah sebuah ilusi optik belaka. Ketika image bayangan dikurangi atau dihilangkan sehingga menyisakan kontras belaka, maka senyuman tersebut akan hilang. Namun ketika efek bayangan kembali ditambahkan, maka senyuman akan kembali melengkung di bibirnya. Misterius bukan?
4. Penampakan Hewan di Lukisan Mona Lisa


Kalian akan terkejut jika mengetahui sisi lain dari lukisan yang dibuat Da Vinci tahun 1915 itu. Coba miringkan lukisannya ke kiri, lalu lihat beberapa detail di sekitaran kepala Mona Lisa berikut..

Yup, kalau kamu jeli, maka kamu akan menemukan beberapa sosok hewan yang ada di gambar tersebut seperti monyet, singa, ular, dan banteng. Apa makna gambar-gambar hewan yang tersembunyi itu hingga kini masih jadi misteri. Namun seorang peneliti bernama Piccirillo menyatakan jika hewan-hewan itu ada di sana bukan karena kebetulan belaka, melainkan sebuah representasi jika ada rasa iri atau kecemburuan yang tersirat di dalamnya. Kalian percaya mitos itu?

5. Pengamanan Dengan Biaya Mahal


Jika lukisan Mona Lisa harganya triliunan rupiah, maka masuk akal jika pengamanan yang diberikan pada lukisan itu juga memakan biaya gila-gilaan. Mona Lisa saat ini terdapat di sebuah museum di Louvre, Prancis.

Mona Lisa punya sebuah ruangan eksklusif yang punya sistem pengaturan cuaca dan juga di-display dalam sebuah kaca anti peluru. Secara total, biaya untuk membuat ruangan Mona Lisa sendiri memakan biaya sekitar 7 juta dollar atau setara 91 miliar rupiah!

lalu, selain harganya yang fantastis, misteri-misteri yang masih belum terpecahkan di atas lah yang membuat Mona Lisa mendapatkan predikat sebagai salah satu lukisan paling legendaris yang pernah dibuat oleh tangan manusia. Buat kalian pecinta lukisan Mona Lisa, ada fakta lain yang masih ingin ditambahkan?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar